Vivobook 14 A1400 Laptop Full HD untuk Content Creator

Oktober 14, 2023 Rachman Reza Ahari 0 Comments

Kamu senang rebahan? Rutin baca blog, komik atau scroll tiktok & IG? Pernah gak sih terfikirkan untuk jadi pembuat konten, gak melulu Cuma bisa konsumsi konten karya orang aja? Kalo kamu pernah terbesit buat jadi Content Creator, berarti kita sudah sama nih visi nya. Kita bisa bareng- bareng belajar tahapan yang perlu dilalui untuk bisa jadi Content Creator. Jangan malu berkarya, mari belajar membuat konten sekarang juga.

Keuntungan menjadi Content Creator adalah bisa dikenal banyak orang. Bisa mendapatkan income dari platform ataupun adsense. Bisa meningkatkan pemasaran produk- produk (endorsement/ affiliate). Dan yang paling terakhir dan tak kalah penting yaitu bisa mempermudah dalam mendapat pekerjaan.

Sebelum jauh menyelami berbagai macam seluk beluknya, kita harus paham dulu apa itu Content Creator. Dilansir adobe.com Content Creator adalah seseorang yang menciptakan materi yang menghibur atau mendidik untuk diungkapkan melalui media atau saluran apa pun. Jadi kamu bisa saja membagikan hobimu, cerita lucu, pengalaman, tempat- tempat indah ataupun review mengenai teknologi & otomotif. Medianya beragam, bisa di posting berupa Blog, Vlog, Podcast, Foto ataupun Video. Kamu bisa cari topik yang sesuai dengan ketertarikan kamu asalkan jangan mengandung SARA ya. Ingat ini tidak boleh ya teman- teman, nanti di banned.

Oke kalo kamu sudah paham hingga sini, sekarang mulai ke bagian yang lebih serius, ini adalah tahapan- tahapan yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi Content Creator sukses.

1.       Tentukan target audiens

Menentukan target audiens   sangat menentukan dalam tingkat kesuksesan konten- kontenmu. Dengan menentukan target audiens, kamu bisa lebih spesifik untuk membuat konten yang sesuai dengan pemirsa. Misalkan target kamu adalah anak muda, berarti kamu harus membuat konten yang menyesuaikan dengan trend yang sedang viral agar bisa dengan mudah menarik perhatian pembaca/ penonton. Bisa dengan menggunakan lagu yang sedang hype, ataupun editan yang eye-catching yang akan membuat pembaca/ penonton kontenmu betah untuk menyaksikan hingga akhir.

2.       Tentukan platform yang tepat

Saat ini, ada berbagai macam platform yang bisa digunakan untuk media sharing konten- kontenmu. Mulai dari Blog, Instagram, Tiktok, Youtube Short, X (twitter) dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki banyak platform, tentunya ini akan sangat menguntungkan karena akan meningkatkan traffic dan pemirsa konten- kontenmu. Bagi yang fokus menulis di Blog/ Website, kamu bisa menambahkan link blogmu ke postingan di Social Media untuk menjaring para pemirsa yang tertarik dengan kontenmu.

3.       Membuat Plan untuk tiap Konten

Berdasarkan riset yang dilakukan para influencer, dengan rutin membuat konten, maka kontenmu akan lebih mudah dijangkau pemirsa (For You Page). Dengan planning yang tepat dan teratur. Kemungkinan besar kontenmu akan lebih mudah viral.

4.       Gunakan Laptop Terbaik untuk menunjang produktifitas membuat konten

Setelah sukses dengan Vivobook 14 (A416) pada 2022 lalu. Kini ASUS meluncurkan Laptop entry-level baru dengan spek kekinian yaitu Vivobook 14 (A1400). Laptop ini merupakan salah satu Laptop dengan price to value terbaik menurut saya. Bagaimana tidak, dengan harga dikisaran 5 jutaan. Kamu bisa mendapatkan fitur sekelas Laptop Premium.

Berikut adalah beberapa point penting yang wajib dipertimbangkan ketika memilih laptop, terutama untuk membuat konten.

Performa

Vivobook 14 (A1400) ditenagai prosesor generasi 11 hingga Core i7-1165G7 dengan clockspeed 2.8GHz yang dapat di boost hinga 4.7GHz. Cache prosesor ini sebesar 12M ditambah pemrosesan Grafis hingga intel iris Xe, untuk editing konten di Capcut PC, Lightroom ataupun Photoshop udah bisa dipastikan gak akan lemot. Konfigurasi Memori pada Laptop ini 8GB DDR4 dan bisa di upgrade hingga 16GB, lega banget memorinya untuk mengakomodasi pekerjaan multi-tasking ataupun buka banyak tab browser. Penyimpanan Data berupa SSD M.2 PCIe Storage berkapasitas 512GB dengan kecepatan transfer data hingga 3MB/s. Dukungan intel Optane memori membuat aplikasi berjalan lebih cepat. Selain itu masih ada 1 slot HDD kosong untuk Penyimpanan Data tambahan. Teknologi E-A-R HDD protection melindungi HDD ketika terjadi benturan sehingga meminimalisir kerusakan pada HDD. Windows 11 Home Original sudah terinstall pada setiap laptop Vivobook 14 (A1400) yang di Jual Resmi di Indonesia. Kombinasi yang sempurna untuk mendapatkan performa yang gesit namun tetap efisien.

Layar

Panel layar Vivobook 14 (A1400) bertipe IPS-level berukuran 14inch dengan resolusi Full HD (1920x1080) dengan aspect ratio 16:9. Perbandingan ukuran layar terhadap bodi berada di 82%. Layar ini bertipe anti-glare sehingga gambar pada layar akan tetap jelas terlihat walau berada di ruangan outdoor dengan intensitas Cahaya tinggi. Sehingga pengguna dapat lebih fokus saat bekerja tanpa terganggu pantulan cahaya yang muncul di layar. 2 sisi NanoEdge Display dengan lebar hanya 6,5 milimeter membuat layar Nampak lebih luas. Dengan bezel yang tipis, ukuran laptop ini menjadi lebih kompak. Sudut pandang layar hingga 178 derajat membuat nobar drakor jadi lebih asik di Laptop ini. Warna akan tetap konsisten walau dilihat dari berbagai sisi.

Perlu di ketahui resolusi paling cocok untuk saat ini adalah Full HD, disaat hampir semua laptop affordable dari brand lain masih menggunakan panel dengan resolusi 720p atau HD. ASUS UPGRADE layar menjadi layar dengan resolusi 1080p atau Full HD. Dengan gambar yang jelas dan Pixel yang jauh lebih tajam. Harusnya resolusi layar Full HD memang sudah jadi standar untuk zaman sekarang karena banyak konten yang resolusinya Full HD keatas, Brand lan malah buat laptop entry-level dengan resolusi HD yang burem dan gak enah di pandang. Faktanya ASUS Full HD 2x LEBIH BAIK dan 2x LEBIH JERNIH dibandingkan laptop sekelasnya. Layar Full HD memberikan 45% ruang kerja di layar lebih besar ketimbang HD.  Jumlah pikselnya pun 2,25x lebih banyak ketimbang HD.

Desain

Laptop Vivobook 14 (A1400) ini stylish dan dirancang agar mudah di bawa berpergian. Bobotnya yang hanya 1,55Kg tidak membuat punggung nyeri ketika dibawa berpergian. Terdapat 2 varian warna yaitu Transparent Silver dan Indie Black. Walau dengan bobot yang ringan dan ketebalan hanya 19,9 milimeter, namun bodinya cukup untuk memuat baterai berkapasitas 50Watt hours yang bisa menemani aktifitasmu seharian.

Rangka sasis yang terbuat dari logam pada bawah keyboard menambah kekuatan struktural, meningkatkan kestabilan pada saat mengetik dan menambah ke-kokohan engsel. Rangka layar yang diperkuat membuat laptop ini tetap aman ketika terbentur pada bagian layar.

Desain keyboard yang dengan backlit membuat pengetikan pada laptop ini lebih mudah walau pada tempat pada kondisi cahaya yang minim. Travel-distance tuts keyboard sebesar 1,4mm memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman.

Sensor sidik jari memudahkan akses login, cukup sentuh sensor fingerprint dengan ujung jari anda, maka layar lockscreen akan terbuka. Pada salah satu tipe SKU, terdapat ASUS NumberPad 2.0 untuk input angka yang lebih mudah. Numberpad ini berada pada Touchpad dengan lampu backlit menyinari masing- masing tombol.

Audio & Konektifitas

Online meeting tentunya memerlukan perangkat yang bisa diandalkan. Asus Vivobook 14 (A1400) sudah di lengkapi teknologi AI Noise-Cancelling yang membuat komunikasi dengan rekan kerja pada saat online meeting bisa terlaksana dengan minim gangguan. Kecerdasan buatan dimanfaatkan oleh Asus untuk menyaring suara- suara yang mengganggu sehingga menghasilkan suara yang jernih.

Wi-Fi 5(802.11ac) Dual-Band membuat konektifitas jadi lebih stabil, cepat, minim interferensi dan bisa diandalkan. Bluetooth 4.1 yang sudah mendukung multi device pairing memudahkan saat ingin menghubungkan Earphone Bluetooth dan Mouse Bluetooth pada saat yang bersamaan.

Port yang lengkap tentunya akan memudahkan ketika ingin memindahkan data ataupun menggunakan akseoris seperti Webcam ataupun wired Earphone. Terdapat 1 Port USB-C 3.2 reversibel pada sebelah kiri laptop, saat ini memiliki port USB Type-C sudah menjadi keharusan karena sudah banyak produsen aksesoris komputer yang merubah interface perangkatnya menjadi USB Type-C. Selain itu terdapat 1 Port USB 3.2 Type-A, 2 Port USB 2.0 Type-A, 1 Port HDMI Output, 1 Port Audio Combo Jack 3,5mm, 1 Port DC Power Input dan 1 Port Kensington-Lock.

Kualitas & Garansi

Sebagai user perangkat ASUS terutama ASUS Laptop yang sudah lebih dari 10 Tahun menemani saya bekerja. Saya bisa katakan ASUS membuat perangkat yang kualitasnya bisa diandalkan dan awet. Laptop saya keluaran 2012 yaitu ASUS K43TA masih bisa berfungsi hingga saat ini. Disaat laptop lain dengan keluaran tahun yang sama sudah Mati, Laptop saya masih bisa mengeluarkan performa primanya setelah di upgrade RAM hingga 8GB dan upgrade penyimpanan menjadi SSD.

Untuk masalah Kualitas dan Garansi tiap produknya ASUS gak pernah main- main. ASUS satu satunya brand yang berani memberikan ACCIDENTAL DAMAGE PROTECTION untuk laptop di segmen entry- level. Bener- bener salut deh sama ASUS. Garansinya meliputi 2 Tahun garansi Global yang bisa kamu di klaim di negara manapun yang memiliki ASUS Service Center. Dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty (Accidental Damage Protection). Info selengkapnya tentang ASUS Perfect Warranty bisa dibaca disini

Nah, sudah dapat Laptop yang pas untuk mulai membuat konten, sekarang tinggal tahapan yang terakhir nih.

5.       Perbanyak referensi dan rajin membuat konten

Dengan memperbanyak referensi, kita tentunya akan terinspirasi untuk membuat konten serupa. Tentunya tidak menjiplak 100% ya, harus melakukan tahapan A-T-M, Amati, Tiru dan Modifikasi. Banyaknya konten yang viral di Social Media bisa kamu ikuti asalkan tidak mengandung unsur- unsur yang negatif.

Kalo ini sih pasti agak sulit ya terutama bagi yang memiliki rutinitas pekerjaan, saya yang harus membagi waktu kerja dan membuat konten sering banget merasakan dimana waktu luang untuk edit konten yang terbatas harus dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya. Sebenarnya hal ini bisa kamu akali dengan membuat beberapa list konten yang akan di buat dan mengambil gambar/ video pada satu waktu. Jadi kamu bisa rutin update konten dengan menggunakan footage yang sudah ada dan di edit agar menarik audiens.

Vivobook 14 A1400 adalah Laptop yang Affordable namun dengan spesifikasi yang Mempuni untuk Content Creator

Di bawah ini adalah ringkasan dari fitur- fitur Vivobook 14 (A1400). Jadi itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel ini. Ayo kita sama- sama belajar menjadi Content Creator. Silahkan memberikan kritik & saran di kolom komentar. Terima kasih



0 comments: