Expertbook B9 Laptop Bisnis Ringan dengan Keamanan Terbaik

September 26, 2023 Rachman Reza Ahari 2 Comments



Di era yang serba digital seperti saat ini, memiliki perlindungan dalam hal keamanan siber (Cybersecurity) sangatlah penting. Informasi sekecil apapun di tangan orang yang salah akan berbahaya jika disalahgunakan, terlebih lagi jika informasi tersebut adalah rahasia bisnis. Kehati- hatian dan kewaspadaan dalam berselancar di dunia maya wajib kita terapkan. Penelitian yang dilakukan Stanford Research pada 2020 menyatakan bahwa 9 dari 10 kebocoran data disebabkan oleh kesalahan manusia (Human Error).

Salah satu cara untuk mencegah Hacker mendapat akses data- data kita adalah dengan menghindari akses situs- situs tak terpercaya dan teliti sebelum mengunduh/ membuka attachment mencurigakan. Selain itu, kita dapat mencegah pencurian data dengan menggunakan Laptop dengan keamanan ekstra seperti ASUS Expertbook B9 (B9400).

Peran Laptop dalam lingkungan pekerjaan sudah sulit dipisahkan. Dimensinya yang ringkas sehingga mudah dibawa berpergian membuat banyak orang lebih memilih Laptop ketimbang PC Desktop. Namun dibalik keringkasan Laptop, tersimpan resiko yang bisa membahayakan data penggunanya jika tidak berhati- hati. Yang paling sering terjadi adalah terhubung pada koneksi WiFi terbuka tanpa adanya firewall, hal tersebut bisa jadi salah satu jalan Hacker mengakses data- data penting kamu. Dan ada lagi hal yang wajib kamu waspadai, terutama bagi laptop yang tidak memiliki fitur pengamanan ekstra ataupun yang menggunakan Software bajakan. Hati- hati, walau awalnya merasa aman menggunakan Software tersebut, tapi bisa saja ada virus yang bersembunyi di balik Software bajakan tersebut yang bisa diaktifkan kapan saja sesuai perintah si Hacker. Ada baiknya menggunakan program yang open source dan gratis untuk meminimalisir hal- hal yang tidak diinginkan.

Jika memiliki budget yang cukup, lebih baik membeli Laptop dengan keamanan ekstra seperti Expertbook B9. Laptop ini fitur keamanan nya sudah tak perlu diragukan lagi. Laptop Bisnis adalah kelas tertinggi dalam keamanan data.

Berikut adalah 6 poin penting yang menjadikan Expertbook B9 Laptop Bisnis Terbaik versi rezzaspace


ASUS Expertbook B9 (B9400) adalah Laptop kelas Bisnis dengan fitur keamanan komprehensif. Data adalah aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Karena itu ASUS memberikan keamanan tingkat bisnis (hardware, firmware, software & identity protection) untuk pengguna Experbook. Dengan fitur keamanan berlapis, Expertbook B9 terverifikasi sebagai PC Windows dengan Inti terlindungi. Webcam Shield slider berfungsi untuk menutup kamera ketika sedang tidak digunakan. IR Camera 720p HD memudahkan akses PC (Windows Halo) dalam kondisi minim cahaya. Proximity Sensor akan otomatis mengunci layar ketika kamu beranjak dari depan Laptop, dan otomatis kembali dalam posisi stand-by ketika kamu berada di depan Lapop. Sensor sidik jari pada bagian kanan bawah Keyboard untuk akses login mudah dan cepat. Fitur TPM (Trusted Platform Module) untuk penyimpanan password dan kunci enkripsi demi meningkatkan keamanan Laptop, fitur TPM ini yang bertugas untuk menyimpan kunci ketika kamu mengaktifkan enkripsi pada Disk Drive (BitLocker). USB Port Control akan mengatur akses pembacaan/ penulisan perangkat penyimpanan USB sehinggat tidak ada perangkat USB Storage yang bisa mencuri datamu dalam keadaan Windows terkunci. Kensington Lock bisa kamu manfaatkan untuk mengunci perangkat ketika berada di tempat tanpa pengawasan.




Dengan berat hanya 880gram dan ketebalan hanya 14,9 milimeter, menimbulkan pertanyaan besar dalam benak saya. Bagaimana bisa Laptop Setipis dan Seringan ini lulus sertifikasi uji Militer? Perlu diketehui, untuk lulus sertifikasi ini ada serangkaian tahap pengetesan ekstrim yang harus di lalui. Expertbook B9 ini lulus sertifikasi MIL-STD-810H berkat penggunaan bahan magnesium-lithium alloy yang kuat dan anti korosi. Uniknya walau perpaduan bahan ini tergolong kaku, tapi mampu menyerap gaya saat terjadi benturan. Bezel Super-tipis membuat bodi Laptop ini compact, layar 14 inci muat dalam Bodi seukuran Laptop 13 inch.


Klik tombol di bawah ini untuk melihat Expertbook B9 (B9400) secara 360 derajat Web Augmented Reality

Laptop Expertbook B9 (B9400) ini ditenagai oleh prosesor generasi ke 11 Intel® Core™ i7-1185G7 vPro® Processor dengan clockspeed 3.0 GHz, 12M Cache, 4 Core dan dapat di-overclock hingga 4.8 GHz. Dengan adanya sertifikasi powered by core vPro pada Laptop ini, kestabilan, keamanan dan maintenace akan lebih terjamin. Tentunya ini sangat berguna untuk menunjang produktifitas saat bekerja agar lebih aman dan nyaman. Logo intel evo menandakan bahwa Laptop Expertbook B9 (B9400) memiliki performa tinggi dengan bodi yang ringan serta daya tahan baterai yang tahan lama. Hanya butuh 1 detik dari posisi stand by ke layar Login. Semua aspek yang dibutuhkan untuk pekerja dengan mobilitas tinggi.

Pengolahan grafis Intel Iris Xe, memungkinkan aktivitas dengan load yang berat seperti Render Video. 3D Modelling ataupun Gaming. Walaupun sejatinya laptop ini bukan dikhususkan untuk bermain game, tapi jika digunakan untuk bermain game performanya sangat baik. Pengetesan yang dilakukan laptopmedia.com saat bermain Game CounterStrike: Global Offensive dengan setting Medium dan resolusi HD 1080p rata- rata frame rate berada di 154 Frame Per Seconds. Untuk setting Low di resolusi yang sama FPS yang dihasilkan memiliki rata- rata di 204 Frame Per Seconds. Memori sebesar 16GB LPDDR4X 4266MHz pada laptop ini bersifat on-board, jadi besarnya kapasitas RAM berdasarkan tipe (SKU) dari Laptop masing- masing. Memori 16GB ini sudah lebih dari cukup untuk membuka banyak Tab Browser sekaligus. Pekerjaan multi-tasking akan dengan mudahnya terselesaikan tanpa adanya penurunan performa. Media penyimpanan berukuran 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD akan mempersingkat waktu transfer data dan loading pada Aplikasi. Kecepatan transfer data hingga 3500MB/ detik. Teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disk) memungkinkan transfer data 2x lebih cepat.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.


Laptop Expertbook B9 (B9400) dibekali layar 14 inci, dengan resolusi Full HD (1920 x 1080) dengan Aspect-Ratio 16:9. Kecerahan maksimal berada di 400 nits. Akurasi warna panel layar ini tinggi di 100% sRGB sehingga warna yang dihasilkan layar terlihat lebih nyata. Perbandingan Screen-to-body ratio di 94%. Uniknya saat posisi laptop terbuka, bezel bawah akan tertutup oleh bodi sehingga layar terlihat lebih luas. Lapisan anti-glare membuat layar tetap terlihat jelas saat penggunaan Laptop di lokasi outdoor.


Berbekal baterai dengan tipe lithium-polymer berkapasitasi 66Wh, untuk digunakan untuk Video Playback baterainya bisa bertahan hingga 20 jam. Untuk produktifitas kantoran dengan penggunaan aplikasi- aplikasi ringan, baterainya bisa bertahan hingga 13 jam. Teknologi PSR (Panel Self Refresh) akan mengendalikan memori khusus yang terdapat pada panel layar, sehingga ketika Laptop menampilkan layar statis sistem pemrosesan video akan dimatikan demi penghematan daya. Metode pengisian daya cepat menggunakan adapter 65watt memungkinkan mengisi daya hingga 60% dalam 39 menit saja.

Fitur AI Noise Cancelling dua-arah membuat suara yang di tangkap oleh 4 buah omnidirectional 360° far-field microphone terdengar lebih jernih oleh lawan bicara. Kecerdasan buatan juga dimanfaatkan untuk menyaring suara mengganggu pada lawan bicara, sehingga suara lawan bicara dapat terdengan dengan jelas oleh pengguna Expertbook B9. Membangun suasana yang kondusif untuk meeting secara online. Suara yang di hasilkan oleh 2 buah speaker terdengar jernih dan lantang, kedua speaker ini sudah dituning oleh harman/kardon sehingga menghasilkan suara sekelas bioskop.


Tersedia tombol dedicated untuk menonaktifkan microphone dan mengatur opsi AI noise-cancelling. Backlight Keyboard menjadikan pengetikan lebih mudah Expertbook B9 di tempat dengan kondisi cahaya minim. Keyboard ini sudah dilengkapi teknologi Spill-Resistant, ketika terkena air hingga 66 cc, air tersebut tidak akan membahayakan Laptop, jadi kamu cukup mengambil tisu secukupnya dan keringkan bagian yang terkena air. Touchpad ekstra besar pada Laptop ini berfungsi juga sebagai ASUS NumberPad, cukup sentuh ikon pada pojok kanan atas touchpad, dan lampu backlit akan menyinari Number Pad untuk input angka lebih cepat. Berkat perangkat lunak cerdas, saat mode Number Pad aktif kamu tetap bisa menggerakkan kursor seperti biasa. Ergolift Hinge selain menyembunyikan bezel bawah layar, juga bertugas memberikan jarak pada intake Fan sehingga sirkulasi udara yang mengalir jadi lebih besar. Seperti namanya Engsel Angkat Ergonomis, dengan adanya sudut kemiringan pengetikan pada keyboard menjadi lebih nyaman.

Virtual Assistant Alexa dengan bar lampu khusus akan memudahkan segala aktifitas, cukup sebut saja Alexa, dan ia akan mengerjakan perintah anda secara langsung. Asus Business Manager adalah fitur eksklusif yang menyediakan alat produktifitas dan keamanan mendalam. Sehingga maintenance dan pengaturan keamanan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Aplikasi MyASUS memudahkan update, kostumisasi, troubleshoot dengan tampilan UI yang mudah di operasikan.



ASUS berkomitmen untuk menciptakan masa depan berkelanjutan. Expertbook B9 telah di rancang sesuai dengan persyaratan ramah lingkungan di setiap tahap pemrosesan. Bersertifikat Energy Star 7.1 dan dinilai Gold oleh EPEAT karena tinggkat kehematan daya yang baik. Box penyimpanan Adapter dan Konektor LAN bisa di buka menjadi stand laptop yang keren dan ramah lingkungan.


Aspek konektifitas tentunya sangat penting bagi para Pebisnis. Wifi 6 802.11ax Dual Band memastikan konektifitas yang stabil dan cepat. Expertbook B9 dilengkapi Bluetooth 5.2 dengan latensi rendah dan menggunakan sedikit daya. Sehingga koneksi denga aksesoris seperti Mouse, Headset ataupun Pointer lebih responsif dan tanpa interferensi. Lengkapnya konektifitas port tentunya akan memudahkan pemindahan data dan penggunaan aksesoris kabel. 2 buah port Thunderbolt 4 USB-C memungkinkan transfer data hingga 40Gbps, output dua layar 4K secara bersamaan, dan pengisian daya cepat. Terdapat juga USB Type-A dan output HDMI. Untuk koneksi jaringan kabel yang lebih cepat, terdapat adapter RJ45 via Micro HDMI yang disertakan dalam paket penjualan. Port Audio Combo memudahkan penggunaan Headset kabel.



Laptop Expertbook B9 (B9400) ini cocok sekali bagi pebisnis yang mengutamakan kemanan dan kenyamanan saat menggunakan Laptop. Banyak sekali fitur- fitur penunjang aktifitas dan keamanan yang membuat penggunanya bisa bekerja dengan fokus tanpa terganggu masalah- masalah yang umumnya terjadi terutapa pada Laptop dengan fitur keamanan minim. Intel core i7 generasi ke-11, Intel Iris Xe dan RAM 16GB sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir produktifitats kantoran. Dengan adanya sertifikasi intel evo dan powered by core vPRO, tentunya performa dan daya tahan baterai Laptop ini adalah yang terbaik. Bahkan baterainya bisa bertahan hingga 20 jam untuk video playback dan 13 jam untuk produktifitas kantor. AI Nose Cancelling yang memanfaatkan 4 buah mic tentunya sebuah terobosan dalam dunia Online Meeting. Walau dalam kondisi ruangan yang kurang kondusif, namun komunikasi dalam meeting tidak terganggu. IR Camera memudahkan login walau dalam kondisi cahaya yang kurang. Webcam Shield memberikan privasi ekstra. Proximity sensor sangat berguna ketika berada di tempat umum karena akan otomatis mengunci dan menonaktifkan layar sehingga terhindar dari ulah iseng orang- orang yang tidak berkepentingan. Bodinya yang ringan namun kokoh berkat penggunaan Magnesium-lithium Alloy membuat laptop ini aman untuk dibawa berpergian.

Berikut ini adalah highlight dari Laptop Expertbook B9 (B9400)


Bagi yang tertarik untuk membeli Expertbook B9 ini, bisa mengunjungi offline store ASUS atau kunjungi ASUS Store Online Tulisan ini diikutsertakan lomba BLOG WRITING COMPETITION: LAPTOP ASUS TERBAIK VERSI GUE! . Mohon kesediaannya untuk memberikan kritik dan saran di kolom komentar. Terima kasih :)


Agar silaturahmi tidak terputus, komennya jangan ketus. Haha



2 komentar:

  1. laptop bisnis yang sophisticated.. cocok utk kalangan CEO <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, di kelas Enterprise belum ada yang seaman laptop Expertbook B9 ini. Bismillah tahun depan jadi CEO. hehe

      Hapus