Zenfone 10 Rajanya Smartphone Kompak

September 28, 2023 Rachman Reza Ahari 0 Comments

Dimensi layar yang kecil tentunya akan diiringi dengan ukuran bodi yang kecil (compact), hal ini akan sangat memudahkan untuk keluar masuk saku saat membutuhkan Smartphone.


Sudah hampir 2 tahun menggunakan Zenfone 8 dengan layar 5,9 inci sebagai Smartphone utama (Daily Driver). Sepengalaman saya, Smartphone ini paling enak untuk memfoto hal- hal unik yang bisa ditemui di sepanjang perjalanan ke Kantor, entah momen unik, lucu ataupun keindahan suasana sunset di Stasiun Manggarai. Mengeluarkan dari saku celana ataupun jacket tidak perlu repot, tinggal arahkan kamera ke objek yang mau di abadikan, tekan tombol power 2x (shortcut camera) dan shoot, sesimpel itu kalo menggunakan Smartphone kompak. Hasil kameranya pun sangat memuaskan. Kalo pake Smartphone dengan layar besar sih kebayang bakal kerepotan pas mau keluarin Smartphone dari saku. Keburu hilang deh momen berharga, keburu sampe stasiun selanjutnya baru bisa keluar tuh Smartphone-nya. Hehe


Tanggal 29 September 2023 kemarin, penerus tahta generasi Zenfone yaitu Zenfone 10 telah resmi di Indonesia. Bagi kalian pengen ganti Smartphone baru, perlu banget masukin si Zenfone 10 ini buat jadi pertimbangan kalian. Berikut adalah point- point penting yang menjadikan Zenfone 10 Rajanya Smartphone Kompak



Zenfone 10 dirancang dengan mengusung ukuran 5,9 inci dan bobotnya hanya 172gram, tentunya hal ini memudahkan saat penggunaan satu tangan. Berbeda dari kebanyakan produsen Smartphone yang berlomba- lomba membuat Smartphone dengan ukuran besar, ASUS seolah mau mendobrak Stigma Smartphone Kompak yang selalu di-identikan dengan spesifikasi yang medioker (biasa saja). Padahal nyatanya dengan ukuran yang Kompak, Zenfone 10 bisa membawa segudang fitur dan mengalahkan kompetitor- kompetitornya dengan dimensi yang jauh lebih besar dalam segi spesifikasi dan kapabilitas. Kalo bisa di sebut, Zenfone 10 ini adalah kecil- kecil cabai rawit.

Banyak sekali keunggulan Smartphone dengan dimensi yang Kompak. Salah satunya mudah untuk keluar-masuk kantong. Pernah dalam posisi punya Bos yang galak dan gak sabaran? Tentunya merasakan gimana paniknya kalo pas dapat telpon dari Bos. Apalagi Smartphone di simpan dalam kantong yang sempit dan sulit di akses. Kebayang deh pasti kena omel akibat angkat telponnya lama.


Zenfone 10 memiliki 5 varian warna yang stand out dari kebanyakan Smartphone di pasaran. Warna- warna tersebut diantaranya Eclipse Red, Comet White, Starry Blue, Midnight Black dan yang paling terbaru Aurora Green. Asli sih Aurora Green keren banget warnanya.


Tinggal di kota hujan Bogor dengan hujan lokal yang sulit diprediksi kadang malah jadi lucu sendiri. Sudah pakai Jas Hujan lengkap dari rumah karena di luar mendung, taunya sampai stasiun panas terik. Atau terkadang kebalikannya, sudah pede tidak bawa jas hujan karena cerah, taunya di perjalanan hujan deras tiba- tiba. Kalo pake Smartphone yang gak Splash-Proof sih bakal berabe, sebulan sekali mesti ganti karena rusak kena air. Zenfone 10 ini memiliki rating (Ingress Protection) IP68 dari International Electrotechnical Commission. Angka di awal adalah tingkatan perlindungan terhadap benda padat (debu) dan Angka di akhir adalah tingkat perlindungan terhadap air. Dapat disimpulkan Zenfone 10 memiliki tingkat proteksi tinggi terhadap debu dan air.



Dalam segi performa, Smartphone Zenfone 10 ini menggunakan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 8 Gen2, dengan Prosesor Octa-core 3.2 Ghz. Dan pemrosesan Grafis Qualcomm Adreno 740. 15% peningkatan performa CPU dan 20% peningkatan performa GPU dari generasi sebelumnya. Memori Zenfone 10 berukuran hingga 16GB LPDDR5X, Media Penyimpanan bertipe UFS 4.0 berukuran hingga 512GB. Spesifikasi ini sangat mempuni untuk bermain Game berat seperti Genshin Impact dan PUBG Mobile dengan settingan tertinggi.


Layar Smartphone kamu masih 60Hz? Mana main. Zenfone 10 sudah menggunakan panel AMOLED berukuran 5,9 inci dengan aspect-ratio 20:9 dan refresh rate 144Hz (Khusus pada Game). Kecerahan maksimal berada di 1100nits, walau penggunaan outdoor layar masih bisa jelas terlihat. Akurasi layar Zenfone 10 tinggi, skor Delta-E kurang dari 1, 112% DCI-P3, 100% NTSC dan Color Gamut di 151.9% sRGB. Akurasi layar yang tinggi sangat penting bagi Content Creator, karena warna yang dilihat saat proses editing dan yang dihasilkan setelah export ke social media akan tetap konsisten nantinya. Bagi penikmat Streaming Movie pasti akan termanjakan dengan adanya fitur HDR pada layar Zenfone 10. Keseluruhan bagian layar sudah terlindungi Corning Gorilla Glass Victus yang artinya lebih kuat terhadap benturan atau goresan. Dalam urusan Software, ASUS memberikan pengalaman mendekati Stock Android 13 yang ringan dan minim bloatware. Tentunya dengan tambahan beberapa fitur kemudahan yang di-implementasikan. Salah satunya adalah ZenTouch 2.0, fitur ini memudahkan navigasi hanya dengan mengusap tombol power yang sekaligus menjadi pemindai sidik jari. Contohnya pada saat ada notifikasi masuk, kamu cukup mengusap tombol power ke bawah untuk membuka panel status bar. Mengusap keatas akan menutup status bar. Fitur ini juga berfungsi di berbagai aplikasi contohnya Youtube untuk fast forward/ backward dan Web Browser untuk scroll page kebawah/ keatas. Edge Tool 2.0 adalah panel pintasan yang memudahkan penggunaan untuk mengakses aplikasi ataupun mengaktifkan wifi, hotspot, bluetooth dan lainnya. Panel ini bisa di kostumisasi sesuai preferensi penggunanya.



Terdapat 3 unit kamera pada Zenfone 10 ini, 2 kamera menghadap ke belakang (Rear Camera) yang terdiri dari Kamera utama 50MP Sony IMX766 yang sudah dilengkapi teknologi Optical Image Stabilizer 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 & Electronic Image Stabilization untuk menghasilkan fokus yang cepat, Video yang stabil & Foto yang bebas guncangan. Selain itu, terdapat kamera Ultrawide 13MP dengan sudut tangkap kamera lebar hingga 120 derajat.


1 unit kamera menghadap ke depan (Selfie Camera) dengan sensor 32MP, kamera ini menggunakan format warna RGBW yang memiliki kualitas pengambilan Video & Foto Selfie lebih baik pada kondisi cahaya minim, tangkapan cahaya 67% lebih baik, tingkat noise berkurang hingga 50% dibandingkan format warna standar (RGB).


Menggabungkan kemampuan sensor yang mempuni dan ditingkatkan menggunakan Artificial Intelligence Object Sense setiap Foto & Video yang dihasilkan sangat menakjubkan. Mode PRO memungkinkan pengguna untuk menyimpan file Foto & Video dalam format RAW sehingga akan lebih mudah untuk proses color grading.

Berikut adalah beberapa hasil Foto yang diambil menggunakan kamera Zenfone 10


Resolusi perekaman Video menggunakan kamera utama hingga resolusi 8K UHD di 24 FPS dan kamera selfie hingga resolusi FHD di 30 FPS. Perekaman Video Slow-Motion hingga resolusi 4K UHD di 120 FPS.

Teknologi OZO Audio akan mengeliminasi suara angin yang biasanya mengganggu perekaman Video & Suara. Dengan demikian audio hasil perekaman akan lebih jernih, menangkap suara immersif dan menghadirkan pengalaman suara high-fidelity 3D Surround.


Stereo Speaker pada Zenfone 10 sudah dituning oleh Dirac. Pengalaman mendengarkan Musik, menonton Film ataupun bermain Game akan terasa lebih immersif bagai berada di Bioskop. Untuk pengguna Earphone kabel, tenang audio combo jack 3,5mm masih ada di Smartphone ini. Kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu di ragukan lagi, wired ataupun wireless audionya jernih dengan kualitas tinggi certified Hi-Res Audio, Hi-Res Audio Wireless, Qualcomm aptX Adaptive, Qualcomm aptX Lossless Audio dan Dirac Virtuo.



Kapasitas baterai pada Smartphone kompak selalu di khawatirkan banyak orang. Namun di Zenfone 10 baterainya bisa diandalkan untuk menemani aktifitas seharian, baterai 4300mAh Zenfone 10 bisa bertahan hingga seharian dalam sekali charge. Metode pengecasan super cepat Hypercharge 30W mempersingkat waktu charge. Tersedia juga metode charging anti-ribet Wireless Charging 15W.




Konektivitas jaringan super cepat 5G sudah didukung pada Zenfone 10. Terdapat 2 buah slot Nano SIM yang mendukung 5G Dual-Sim Dual-Standby. Smartphone ini sudah mendukung konektifitas cepat dan stabil WiFi 7. Konektivitas Perangkat bluetooth kini lebih minim latensi berkat Bluetooth 5.3. Terdapat fitur NFC untuk metode pembayaran Cashless.



Cover belakang Zenfone 10 dibuat ramah lingkungan dengan menggunakan bahan bio-based polycarbonate. Hal ini mengurangi 50% penggunaan petrochemicals dan membantu ASUS untuk mencapai tujuan mengurangi emisi Karbon Dioksida yang dilepaskan ke udara.


Packaging Zenfone 10 dibuat dari 100% kertas daur ulang dengan tinta yang terbuat dari hasil proses tanaman kacang- kacangan agar bisa dengan mudah di daur ulang.



Zenfone 10 adalah Smartphone kompak yang mendobrak trend dalam hal yang baik. Dimensinya yang kompak namun dengan spek tinggi membuatnya pas untuk dijadikan Smartphone Harian (Daily Driver). Varian warna yang stand-out mencuri perhatian siapapun yang memandangnya. Varian warna baru Aurora Green menambah varian warna yang sudah ada pada seri Zenfone pendahulunya yaitu Eclipse Red, Comet White, Starry Blue dan Midnight Black. Zenfone 10 memiiliki rating (Ingress Protection) IP68 yang artinya kedap terhadap Debu dan Air sehingga tetap aman walau terkena tumpahan air.

SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen2, RAM hingga 16GB dan Layar Super AMOLED 5,9 inci dengan refresh rate 144Hz membuat Smartphone ini mampu untuk menjalankan Game berat sekalipun. Akurasi warna layar yang tinggi memudahkan Content Creator untuk berkarya. Fitur HDR dan Audio yang sudah di tune oleh Dirac memanjakan pecinta Film Streaming. Corning Gorilla Glass Victus melindungi seluruh permukaan layar sehingga dapat melindungi dari goresan dan benturan. Sistem Operasi Android dengan pengalaman mirip Stock ROM membuatnya ringan dan minim bloatware. Asus Zen Touch 2.0 memudahkan penggunanya untuk melakukan navigasi pada Aplikasi ataupun panel status. Edge Tool 2.0 akses instan untuk membuka aplikasi ataupun toggle koneksi.

Kamera utama dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 & Electronic Image Stabilization menghasilkan gambar & video yang menakjubkan. Resolusi maksimal video yang dapat di rekam hingga 8K UHD 24 FPS cocok buat yang sering buat video sinematik.

Baterai dengan kapasitas 4300mAh cukup untuk menemani aktifitas seharian. Hypercharge 30W mempersingkat waktu pengisian daya. Opsi wireless charging 15W memudahkan pengisian daya tanpa perlu repot mencari kabel. Konektifitas 5G dual sim membantu pengguna untuk mendapatkan konektifitas cepat, luas dan stabil. Konektifitas WiFi 7 memberikan pengalaman bermain game dengan ping yang kecil. Bluetooth 5.3 membuat latensi perangkat seperti TWS akan lebih minim.

Cover belakang Zenfone 10 menggunakan bahan bio-based polycarbonate sehingga mengurangi emisi Karbon Dioksida yang dilepaskan ke udara, Packaging sudah di buat secara khusus agar lebih ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.



Zenfone 10 Launch Sales Promo
Khusus hanya pada periode launch : 29th Sept – 15th Oct 2023.

Zenfone 10 (8GB/128GB) Rp. 8.999.000 Discount 300K menjadi Rp.8.699.000.
Zenfone 10 (16GB/512GB) Rp. 11.999.000 Free Connex casing – senilai 899K.


Promo spesial ini hanya berlaku di Mitra penjualan resmi ASUS :
Offline > ERAFONE, ASUS Exclusive Store, ASUS Authorized Dealer.

Online > Tokopedia, Eraspace, ASUS Online Store.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Zenfone 10 Blog Writing Competition di blog Tavelerien

0 comments: